Belajar adalah suatu kegiatan untuk mendapatkan ilmu. Ilmu yang didapat bisa membuat Indonesia maju dan bisa membuat siswa memiliki semangat belajar. Siswa harus memiliki semangat belajar karena jika malas, siswa tidak mendapatkan apapun. “Untuk menambah semangat belajar, saya membeli hadiah jika mendapatkan nilai bagus” kata Kenzie. Hal itu merupakan salah satu cara untuk menambah semangat belajar.

 Selain mempunyai semangat belajar, siswa juga harus mengembangkan rasa cinta tanah air. Sebentar lagi, Indonesia akan merayakan HUT Kemerdekaan yang ke-77. Kita sebagai siswa harus menghayati kemerdekaan. Yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikuti upacara dengan khidmat. Selain itu, kita juga bisa mempersembahkan karya-karya anak bangsa.

 “Saya ingin membuat lagu untuk merayakan kemerdekaan” kata Varrend. Membuat lagu merupakan cara untuk merayakan kemerdekaan. Selain membuat lagu, kita juga bisa membuat hiasan untuk mempercantik ruangan.

 Siswa juga bisa menghayati kemerdekaan dengan cara memiliki semangat belajar. Siswa harus memiliki strategi untuk menumbuhkan semangat belajar. “Membuat jadwal pelajaran merupakan cara yang tepat untuk menumbuhkan semangat belajar” kata Quintesa. Dengan begitu, semangat belajar menjadi cara mudah bagi siswa untuk menghayati kemerdekaan.