Retret ku dimulai tanggal 10 sampai dengan tanggal 12 karena aku berada di gelombang 2. Berangkat dari sekolah hingga ke Ambarawa dengan menggunakan bus, walau bus nya bisa dibilang cukup panas tetapi saat perjalanan hujan turun dan memasuki bus. Hujan turun cukup deras sampai mengenai ku. Lalu setelah sampai di Ambarawa, aku dan temanku mencari kamar. Setelah menemukan kamar, temanku masuk ke kamarku untuk bermain atau ngobrol. Kita pun jadinya mematikan lampu dan nyanyi sambil menyetel Spotify. Nyanyian ku dan temanku sangat keras hingga ada temanku dari kelas lain memasuki kamar kita dan bergabung. Lalu waktunya snack, setelah snack kita memasuki aula. Di aula kita diberi materi dan ada juga game-game lain dan kita disuruh membentuk kelompok. Aku dan teman dekat ku terpisah, tetapi itu bukan masalah besar. Karena aku dapat kenalan dengan orang lain terutama orang-orang dikelompok-ku. Setelah membuat kelompok kita disuruh membuat yel-yel dengan 3 kata. Yel-yel kelompok lain pada unik, tetapi yel-yel ku tidak kalah unik seperi SD-Sadar-Diri. Setelah itu kita makan malam dan duduknya harus per-kelompok. Dan saat makan-makan itu aku dapat mengenal lebih dekat dengan teman satu kelompok-ku. Teman satu kelompok-ku ini juga lumayan banyak kemiripan denganku jadi kita menjadi lumayan dekat. Lalu saat istirahat malam aku dan teman satu kamarku membuat pop mie tetapi kita tidak dapat makan pop mie dengan tenang karena kita bikin pop mie di saat waktu yang mepet. Jadi kita makan sambil buru-buru dan ada pop mie teman saya yang dibuang. Setelah itu aku dan teman satu kamarku ke kamar dan bersiap-siap untuk tidur. Hari pertama aku tidak bisa tidur, entah apakah temanku bisa tidur atau tidak? Aku bangun jam 3.45 karena diluar sangat berisik. Jadi aku membangunkan teman satu kamarku dan kita berjalan-jalan sebentar lalu bersiap-siap untuk kegiatan hari ini. Kegiatan di hari itu sangat banyak dan sangat seru. Contoh-contoh kegiatannya seperti materi-materi untuk mengembangkan pengetahuan dan saat game dan saat perkelompok disuruh membuat game dan saat basah-basahan dan saat membuat seperti “My Dream & Millestone”. Aku berharap aku tidak akan melupakan hal-hal itu. Lalu saat malam bisa dibilang seperti yang orang-orang katakan “kita akan dibuat nangis” tetapi aku tidak menangis tapi banyak yang menangis dan ada juga yang ketiduran. Lalu saat malamnya aku dan teman satu kelompokku dan kenalanku jalan-jalan sambil bercerita sedikit(?) Tetapi itu tidak berlangsung lama karena setelah itu mereka kembali bersama teman-nya yang lain. Dan begitu juga aku. Aku dan teman dekat atau teman satu kamarku melihat bintang-bintang, bintang itu sangat cantik susah melepaskan pandanganku dari bintang itu. Tetapi guru-guru pengawas datang untuk mengecek murid-murid, jadi aku dan temanku bergegas ke kamar. Kamarku sempat di cek 2x dengan guru pengawas tapi setelah itu aku tidur. Tidur-ku sangat nyenyak hingga aku harus dibangunkan guru pengawas. Tetapi guru pengawas membangunkan 5 menit sebelum kita akan menuju ke kegiatan selanjutnya, kegiatan selanjutnya adalah ke Gua Maria Kerep dengan berjalan sekitar 2km. Lalu setelah sampai kita menyalakan dan menaruh lilin dan entah apa yang kita lakukan disana. Tetapi aku dan teman dekat satu kelompok-ku ijin untuk ke taman, guru pengawas pun mengijinkan. Aku tidak menyesal ijin ke taman dengan temanku. Karena aku dan temanku dapat melihat sunrise di taman yang sangat asri dan indah dan tidak ada orang, hanya kita ber 2. Tetapi itu tidak begitu lama mungkin hanya 5-10 menit dan kita kembali ke tempat bersama guru pengawas. Dan setelah kembali, tidak lama kita disuruh pulang(?). Tapi tentu saja kita disuruh foto bersama lalu kembali. Setelah kembali kita hanya disuruh siap-siap untuk pulang, tapi sebelum pulang kita harus mengikuti acara ekaristi. Setelah itu kita makan siang dan HP kita dikembalikan, oh iya aku lupa bilang bahwa HP di hari pertama harus dikumpulkan. Saat makan siang kita mendapat free ice cream dan chocolate, dan juga mereka memberi surat amplop (bagian dari kegiatan), surat amplop itu berisi dari orang-orang yang memberi kita surat dapat bersifat anonim dan tidak. Saat di bus perjalanan pulang aku membaca surat itu, surat-surat yang diberikan untuk-ku sangat membuat ku senang aku dapat membacanya setiap hari. Setelah itu sampailah disekolah dan aku tidak langsung pulang karena menunggu aku dijemput, begitu juga teman-ku dan salah satunya teman satu kelompok-ku. Aku jalan-jalan keliling sekolah dengan teman satu kelompok-ku ini hingga aku di jemput. Dan bisa dibilang itu terakhir kita berbicara karena sekarang disekolah aku hampir tidak pernah bertemu dengannya. Tetapi itu bukan masalah. Kesan-ku untuk retret ini adalah aku sangat senang aku mau retret lagi.