Halo teman-teman nama saya Deva. Saya kelas 7 di SMP Maria Mediatix Semarang. Pada tanggal 9 sampai dengan 11 Januari 2023 sekolahan saya melakukan Field trip atau kegiatan luar sekolah. Adapun tujuan kegiatan luar sekolah adalah untuk mendukung pencapaian hasil belajar yang menciptakan peserta didik tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang beriman, cerdas dan berkarakter.

     Field trip hari pertama dilaksanakan pada hari Senin tanggal 9 Januari 2023 yang bertempat di Dyriana, bandeng Juwana Jalan Pamularsih Raya no. 70, bong sari, kecamatan Semarang barat. Acara dimulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00 Dengan kegiatan membuat klepon. Yang menjadi Pemandu saya pada kegiatan tersebut adalah kak Wawan, kak Vanesa, Ibu Veroni Yaniati dan ibu Eva Putri. sebelum membuat klepon kita disuruh mencuci tangan dan menggunakan celemek. Pertama kami diperlihatkan cara untuk membuat klepon. Lalu kami diminta membuat klepon sendiri. Langkat membuat klepon siapkan adonan dari tepung ketan dan air pandan serta pewarna untuk membuat adonan berupa hijau lalu buat bulat bulat, setelah itu di lubangi lalu diberi isi gula aren lalu tutup kembali dan lalu direbus. Setelah mengampung angkat dan tiriskan lalu diberi taburan kelapa parut itu. Rasa enak manis dan gurih Lalu kami diperlihatkan cara membuat bandeng duri lunak dan disuruh icip-icip. Yang menarik dan spesial adalah kompor untuk membuat bandeng sudah dimodifikasi sehingga kompor terlihat seperti alat dokter. Saran saya supaya bandeng Juwana lebih dikembangkan makannya.

     Field trip hari kedua dilaksanakan Selasa tanggal 10 Januari 2023 di SMK Fransiskus Jalan Wolter Monginsidi no 22 Pedurungan Tengah. Dengan kegiatan menyablon kaos. Pertama kita harus siapkan alat alatnya seperti penyabut screen dan kaos setelah alat dan bahan siap oleskan screen dengan obat dan tunggu sampai kering. Setelah kering bawahnya diberi seperti busa yang diberi kresek hitam dan diatas screen diberi tulisan atau gambar yang ingin disablon lalu diatasnya diberi kaca dan dijemur ke matahari.setelah dijemur tulisan atau gambar itu mengecap di screen lalu screen dibersihkan menggunakan air tegangan tinggi sampai tulisan berlubang. Lalu siapkan baju yang ingin di sablon. Setalah itu screen diberi warna yang diinginkankan dan selesai.saran ku sebaiknya kegiatan seperti ini lebih banyak prakteknya tidak hanya melihat.

     Field trip hari ketiga dilaksanakan Rabu tanggal 11 Januari 2023 di Mareokoco Jl Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Barat. Kami kesana dengan menggunakan bis sebanyak 7 bis dengan kegiatan yang pertama membuat roket air. Pertama siapkan alat dan bahan ( 2 botol Coca-Cola, plastisin , double tip , solasi, cutter, gunting, penggaris ). Setelah itu ambil 1 botol potong atasnya kemudian diberi plastisin. Selanjutnya ditempel dengan botol Coca-Cola yang masih utuh kemudian di solasi. Selanjutnya siapkan alat untuk membuat sayapnya dari kardus Lalu ditempel disisi botol sehingga jadilah roket air. Selain membuat roket air kami juga melihat alat alat peraga sains di anjungan kabupaten Cilacap, berkeliling dengan perahu dan berkeliling anjungan. Kita bisa menangkap ikan saat naik perahu.

     Kegiatan field trip ini sangat berguna bagi kami siswa siswi SMP Maria Mediatix. Kami banyak mendapatkan wawasan dan pengalaman yang baru seperti membuat klepon, menyablon kaos dan menanam mangrove. Saran saya untuk kegiatan field trip selanjutnya lebih banyak prakteknya.

Sekian laporan field trip dari saya Deva terimakasih 🙏