Field trip merupakan kunjungan wisata atau kunjungan yang dapat menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran diluar kelas dengan mendatangi beberapa destinasi yang telah ditentukan.
Menurut saya, tujuan fieldtrip ini untuk menambah pengalaman menarik bagi murid maupun guru & memberikan memori kenangan.
Fieldtrip ini dilaksanakan di hari senin, 9 januari sampai rabu, 11 januari, fieldtrip ini cukup menyenangkan karena dapat menambah wawasan / pengetahuan.
Kegiatan Fieldtrip (1)
Pada di hari senin, 9 januari, saya dan teman teman kelas 7 berkunjung ke SMK Fransiskus, saat itu terlihat barang barang yang tersusun rapi & bersih. sebelum melakukan kegiatan, saya dan teman teman melakukan kegiatan di aula ( apel bersama ).
- Acara pembuka di awali dengan kakak kakak yang sedang memamerkan karya karyanya selama di SMK Fransiskus dengan bernyanyi, memainkan alat musik nya & dance. kakak kakak serta bapak ibu guru disana menyambut dengan sangat ramah.
Saya sebagai salah satu anggota kelompok ( Magdalena Daemen 1 ) di ajak untuk membatik dan membuat gantungan kunci.
Membatik di gunakan dengan cara memanaskan malam cair terlebih dahulu, setelah memanaskan malam cair, masukan malam cair sedikit demi sedikit di dalam alat canting, lalu menorehkan malam cair ke kain yang sudah di gambar & di sediakan disana dan mengecat menggunakan cat yang ada disana.
Saya dan kelompok saya sangat senang & puas terhadap hasil yang kita peroleh, hasilnya lumayan bagus.
Sebelum melakukan kegiatan selanjutnya, kami diberi waktu untuk istirahat dan di beri makanan yang berupa nasi ayam dan es teh.
Setelah mengomsumsi makanan yang di berikan, saya dan teman teman kelas 7 melanjutkan kegiatan yang kedua. yaitu membuat gantungan kunci, untuk membuat gantungan kunci membutuhkan jarum & benang untuk menjahit, kapas untuk mengisi bagian dalam gantungan kunci, dan kain yang sudah di sediakan.
Ada dua kain, yaitu yang bulat dan yang berbentuk hati, saya lebih tertarik yang berbentuk bulat. selama kegiatan menjahit, di layani dengan kakak kakak yang baik hati, walaupun aku gagal terus menerus, entah jarumnya nyangkut, benang nya nyangkut, kakak kakak disana melayani dengan senang hati dan ramah, tetap sabar & tetap membantu.
Saya menjahit dengan senang hati karena dapat menambah pengalaman saya yang sudah lama tidak menjahit. di beri arahan letak posisi pertama / langkah langkah untuk menjahitnya, dan akhirnya sudah menjadi gantungan kunci, untuk menjadi gantungan kunci, bisa maju ke depan untuk meminta hiasan / gantungan kunci. saya sangat puas dengan hasil yang sudah saya kerjakan.
Saya sangat senang bisa berkunjung di SMK Fransiskus karena di layani / di beri layanan yang baik nan ramah.
Kegiatan Fieldtrip (2)
Pada hari selasa, 10 januari, saya berkunjung ke Driyana dan Bandeng Juwana pada jam 08.00 sampai dengan 10.30
Semuanya berjalan dengan lancar dan menyenangkan, dapat mengetahui bagaimana cara membuat klepon dan dapat mengetahui bagaimana cara membuat bandeng presto.
Kegiatan (1) membuat klepon. beberapa anak di pilih untuk membuat adonan terlebih dahulu menggunakan tepung ketan putih yang di campur dengan air dan pewarna warna hijau muda lalu jangan lupa di ulen sampai semuanya tercampur.
Setelah membuat adonan, di setiap meja di beri hasil adonan itu untuk di bentuk menjadi bulat, dan juga di beri sebuah mangkok yang berisi gula jawa. saya dan kelompok saya sangat senang karena bisa mencoba membuat klepon.
Saya membulat bulat adonan itu seukuran klepon pada umumnya. setelah berbentuk menjadi bulat, lalu di isi gula jawa yang sudah terpotong kecil kecil.
Habis melakukan itu, saya dan teman kelompok saya merebus klepon tersebut ke dalam wajan yang disediakan ibu guru di sana. sambil menunggu klepon jadi, teman teman kelas 7 di beri waktu yang cukup untuk istirahat, kami di beri tas yang berisi roti pisang coklat, puding dan segelas air putih.
Setelah istirahat selesai, saya dan kelompok diberi masing masing 4 klepon yang sudah direbus dan di taburi dengan parutan kelapa. semuanya sangat senang akan hasil klepon ini, rasanya enak, manis, dan gurih.
Lanjut ke kegiatan (2) membuat bandeng presto. sebelum proses pembuatan bandeng presto, kami sedikit mendapat ilmu tentang sejarah bandeng, setelah itu mulai lah proses memasak bandeng presto, saya sangat senang karena duduk paling depan & bisa melihat proses pemasakan bandeng dengan jelas. saya melihat proses bandeng presto di depan saya, yang ada ikan bandeng, bumbu, dan wajan.
Memasak bandeng presto dengan membersihkan ikan / mencucinya lalu belah menjadi dua dan buat bumbu melalui air, bawang putih, garam, dan kunyit. teman teman kelas 7 di beri kesempatan untuk yang mau mengoles bumbu pada tubuh ikan / di dalam ikan.
Hampir semuanya mengantri menunggu giliran mengolesi bumbu pada ikan bandeng, sebelum mengoles bumbu pada ikan bandeng, masing masing murid melihat cara kakak yang memasak di depan bagaimana cara mengolesi ikan bandeng tersebut.
Lalu masing masing murid kelas 7 mendapat giliran mengolesi bumbu pada ikan bandeng dengan baik dan benar walaupun masih ada yang mengambil bumbu kebanyakan.
Setelah kegiatan mengolesi bumbu, ikan di masukan kedalam wajan yang besar dan di tutup, semua murid menunggu ikan bandeng matang, setelah matang kami di bagikan ikan bandeng yang sudah matang dan hasilnya enak. cukup puas dengan hasilnya.
Kegiatan Fieldtrip (3)
Pada hari rabu 11, januari saya dan teman teman saya menaiki bus bersama sama menuju maerakaca, maerakaca pernah saya kunjungi saat saya masih sd.
Saat awal awal, di sambut dengan kakak kakak yang ada di sana, semuanya sangat asik, ramah dan peka terhadap kami, kami di beri langkah langkah tentang sains.
Banyak sekali kegiatan kegiatan yang kami lalui, sangat menyenangkan. dengan menaiki kereta berkeliling bangunan bangunan setiap kota di maerakaca, menaiki kapal / perahu bersama sama, melihat ikan yang melompat lompat, membuat roket air, melihat alat alat yang ada disana, menanam tanaman mangrove, dan bermain.
Saat berkeliling saya mendapat banyak ilmu tentang bangunan bangunan yang ada di sana serta tulisan asal bangunan itu.
Setelah melihat alat alat & bermain, kami di berikan waktu untuk istirahat terlebih dahulu. setelah istirahat, saya dan kelompok pramuka saya di beri waktu untuk membuat roket air.
Kelompok saya membuat roket air dengan senang hati & mendapat banyak bimbingan dari sana / kakak kakak yang mau membantu jika saya dan kelompok saya sedang mengalami kesulitan. membuat roket air menggunakan 2 botol coca cola, plasticin, lakban bening, gunting, cutter, avaboard
Setelah itu, kami diberi waktu istirahat dan di berikan makanan yang berupa nasi goreng, telur, dan nugget, setelah mengisi perut dengan makanan yang di berikan, ibu guru & kakak kakak disana mengarahkan kami ke tempat menanam mangrove.
Disitu terdapat tanaman mangrove yang di bagikan kepada kami, tanaman mangrove itu terdapat di sebuah gelas plastik. kami mencari lahan yang kosong.
Untuk menanam mangrove, harus mencari lahan yang bolong, menanam mangrove dengan cara membuka gelas plastik dari tanaman mangrove, meletakan tanaman ke dalam bolongan yang sudah di sediakan lalu memupuk tanaman mangrove, dan di beri sebuah tali rafia untuk mengikat tanaman mangrove dengan sebuah tongkat supaya terikat / tanaman bisa berdiri.
Setelah itu kami di beri waktu 30 menit untuk bebas, terdapat murid murid yang sedang selfie, jalan jalan / berkeliling maerakaca, menyewa sepeda listrik.
30 menit sudah berlalu, saat nya berkumpul ke dalam aula untuk doa penutup dan mengambil roket air yang masih ada di depan meja depan.
Lalu saya dan teman teman pulang menaiki bus dan sampai ke sekolah pada jam 14.00
Banyak sekali kegiatan kegiatan yang saya sukai / sangat menyenangkan, dengan kegiatan ini saya bisa meluaskan wawasan / menambah hal hal yang baru untuk saya & teman sekelompok saya.
Saya tertarik pada fieldtrip ini karena terdapat banyak kegiatan yang mempererat persatuan & kesatuan dalam kelompok, melatih kekreatifan, di fieldtrip ini sangat bersih, rapi dan membuat nyaman
Saran saya, jika melakukan fieldtrip ini diberi perpanjangan waktu