Makanan cepat saji seperti indomie, frozen food, dan lain-lainnya sangat terkenal. Mereka terkenal karena penyajiannya yang cepat, praktis dan enak rasanya. Tidak baik juga untuk kesehatan jika mengkonsumsi makanan cepat saji yang berlebihan. Timbulnya penyakit, seperti diabetes, kolesterol tinggi, asam lambung, tumor, jantung, tekanan darah tinggi, juga dapat memicu kanker, serta dapat menyebabkan obesitas.

Selain itu makanan cepat saji merupakan makanan yang terjangkau harganya. Makanan cepat saji mempunyai penampilan yang menarik, hingga membuat banyak kalangan kecanduan. Disamping itu penyajian yang cepat membuat makanan ini menjadi favorit banyak orang, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Dimana kesibukan dalam berkerja, kemacetan dan waktu istirahat yang singkat membuat mereka menyukai makanan cepat saji. Banyaknya promosi ditambah dengan bonus mainan membuat makanan cepat saji sangat popular di kalangan masyarakat.

Demikian penjelasan singkat tentang makanan cepat saji. Hal yang perlu diperhatikan adalah pembatasan konsumsi. Karena dibandingkan dari segi kepraktisan, murah dan rasanya yang enak, tetapi bila dikonsumsi setiap hari dalam jangkau waktu yang lama akan menimbulkan dampak bagi kesehatan. Oleh karena itu, pembatasan konsumsi makanan cepat saji adalah tindak yang bijaksana.