(Klik gambar untuk lebih jelas)

Judul: Membuat Kerajian Dari Kayu

Pengarang: Soedjono B. Sc. dan H. Hartanto

Penerbit: TITIAN ILMU Bandung

Tahun terbit: 2008

Tebal buku: 57 halaman

Buku ini menjelaskan bagaimana cara membuat kerajinan dari kayu. Meskipun buku ini tipis dan sederhana, namun terdapat banyak cara-cara mengubah kayu menjadi barang barang serbaguna atau hiasan.

Di dalam bacaan buku ini, terdapat 12 Bab. Dimulai dari kita dijelaskan tentang Kayu Sebagai Bahan Kerajinan, yang intinya terdiri dari kayu lunak (kayu Pinus dan kayu Meranti) dan kayu keras ( Kayu Sawo, Kayu Mahoni, dan Kayu Jati). Dijelaskan secara rinci, kerajinan yang bisa dibuat dari jenis kayu tersebut, kelebihan dan kekurangan dari kayu, bahkan bagian lapisan-lapisan dari kayu. Lalu kita masuk ke Bab 2 yang berjudul Alat-alat/Perkakas. Sesuai judulnya, bab ini menjelaskan tentang alat alat/ perkakas dalam kerajinan kayu. Alat alat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Alat/Perkakas umum sebagai alat utama dalam pekerjaan bidang kerajinan kayu, Alat Khusus Menyanyat yaitu berbagai pisau, dan Alat khusus memahat.

Bab 3 dan 4 Menjelaskan tentang Membuat berbagai mainan dari batang kayu (bab 3) dan papan kayu (bab 4). Kita diberikan berbagai rincian cara cara membuat dan tidak hanya dengan tulisan, tetapi juga dengan gambar yang memadai sehingga memudahkan kita untuk mengetahui bentuk yang dijelaskan.

Bab 5 dan 6 Menjelaskan cara membuat peralatan Berkemah (Bab 5) dan Peralatan Pramuka yaitu hiasan tongkat Panji yang berbentuk berbagai burung dan meja kursi (bab 6). Tentu saja, semua bahannya terbuat dari kayu!

Bab 7 dan 8 Menjelaskan mengenai teknik dalam kerajinan kayu. Bab 7 menjelaskan tentang teknik Menyanyat dalam bentuk segitiga yang akan menghasilkan bentuk-bentuk dan disusun menjadi wujud rangkaian ukiran dengan berbagai cara. Ada 2 jenis Menyanyat Bentuk Segitiga yaitu Sayatan Menusuk dan Sayatan Mengambil. Bab 8 menjelaskan tentang Teknik memahat berbagai relief. Sebelum masuk dalam jenis jenis pahatan, kita diajarkan terlebih dahulu tentang sikap memahat yang benar. Setelah itu, barulah kita diajarkan teknik memahat relief, cara menusuk dan Menyanyat dengan pahat, Membuat pahatan bentuk lengkung, sudut, dan bahkan Bentuk bunga, yang terakhir adalah memahat bentuk huruf.

Bab 9, 10, dan 11 menjelaskan cara Membentuk dan membuat patung dan topeng dari kayu. Disini kita diberi kebebasan untuk membuat kreasi sesuai kreatifitas pribadi. Namun tetap dicantumkan langkah langkah membuat patung dan topeng yang benar sebelum membuat sesuai kemauan kita.

Bab terakhir yaitu 12 menjelaskan Penyelesaian Barang Kerajinan kayu dengan menghaluskan karya dan pewarnaan beserta tekniknya masing masing.

Buku ini sangat bermanfaat bagi yang memiliki hobi kerajinan. Buku ini memberikan kerajinan kerajinan yang unik dan menarik. Terdapat step step yang harus ditaati dalam kerajinan ini. Memang tidak mudah dan memerlukan proses, namun setidaknya buku ini bisa memberikan kita bantuan untuk berkreasi. Sayangnya, gambar pada buku ini masih hitam putih, dan juga ada beberapa gambar yang kurang jelas.

Buku yang berjumlah 57 halaman, namun sangat bermanfaat terutama bagi pecinta kerajinan atau hiasan. Berisi hal hal yang diperlukan secara lengkap dan rinci. Teknik teknik yang beragam digambarkan dengan menarik. Tidak hanya hiasan, kayu juga bisa dibuat menjadi barang barang yang berguna!